Halaman Depan

Thursday, March 12, 2015

Tekateki Tanpa Soal (TTS)


Kadang-kadang saat saya balik ke rumah, hobi saya buka koran lalu ngisi TTS. TTS nya cukup sulit meskipun padahal sering banyak pertanyaan yang diulang. Seingat saya, gak pernah bisa saya selesaikan. Sebenarnya ada hadiahnya sih, tapi menurut saya juga gak terlalu setimpal dengan effort yang dikeluarkan. Kita ngisi susah-susah, ngirim lewat kartu pos, hadiah 100ribu, diundi nya bulanan pula.

Sadar bahwa saya hampir gak mungkin dapat hadiah lewat ngisi TTS, akhirnya saya dapat ide buat ngisi TTS jadi lebih menantang. Ngisi TTS dengan tanpa mempedulikan soal. TTS yang sebenarnya Teka-teki Silang pun diubah jadi Tekateki Tanpa Soal. Setelah saya coba, memang lebih susah. Dengan cara normal, kita bisa minta tolong ke bung Google. Ketik soalnya, dan voila!! Kita tinggal mencocokkan hasil searching dengan jumlah kotak. Sedangkan dengan metode iseng ini, dibutuhkan imajinasi (nada spongebob).


Aturan (yang saya pakai):
  • Hanya diperbolehkan mengisi dengan huruf Alfabet A-Z (tanda baca, angka, gambar, dan huruf lain tidak diijinkan).
  • Gunakan kata yang baku berdasarkan KBBI atau KBB lain menyesuaikan bahasa nya(contoh: bukan 'resiko', tapi 'risiko';bukan 'luph' tapi 'Love') 
  • Sangat ditekankan, jangan diisi dengan bahasa alay atau bahasa ciptaan sendiri(contoh: cemyungudzt)
  • Apabila menjawab dengan nama, pastikan nama tersebut dikenal secara luas setidaknya dalam lingkup nasional.
  • Diperbolehkan membuat jawaban dengan tipe pertanyaan yang lazim diberikan dalam TTS (diulang, dibalik, disingkat, eng, dan lain-lain)
  • Jika sudah terlanjur melihat soal, hindari mengisi kotak dengan jawaban yang sesuai dengan soal asli.
  • Isi TTS dengan bolpen, biar kotak yang terlanjur diisi sulit untuk diubah.
Tl;dr, sederhana nya, kita mengganti soal di TTS dengan soal lain yang sama lazim nya, tapi dengan ngisi jawaban terlebih dahulu. 

Contoh pengerjaan, barangkali ada yang bisa bantu ngisi kotak yang kosong

pertanyaan asli nya (mendatar) 
Pertanyaan asli nya (menurun) 
 

Ya emang hanya cocok buat orang yang benar-benar nganggur dan kurang kerjaan. Sebenarnya tidak usah terlalu strict. Dalam hal seperti ini, Anda tentu bebas membuat aturan Anda sendiri. Gara-gara ketemu cara seperti ini dan terlalu ikut aturan di atas, sekarang saya jadi jarang ngisi TTS karena trauma.

Tips:
  • Dahulukan mengisi yang kotak nya banyak.
  • Hindari huruf-huruf sulit (FZXVQ).
  • Disarankan diisi secara berkelompok (minta bantuan temen).
  • Tidak disarankan menerapkan cara ini pada TTS Jumbo seperti ini.
Tekateki tempel Superjumbo di perpus fakultas 

Selamat Mencoba!! Barangkali ada yang ingin berfrustasi ria, melupakan permasalahan sejenak (misal: skripsi) ini saya sediakan yang kosong.


2 comments:

  1. voilla.. .(hapus o)
    Hehhe. ..ide bagus, mari kita hancurkan TTS yang ada di rumah.

    ReplyDelete
  2. buahahaha.. kelakuanmu lho le.. wis ra jalan kaki tekan janti njug numpak TJ keliling jogja njug ngene.. ckckck

    ReplyDelete