Halaman Depan

Friday, January 3, 2014

Di Balik Sebuah Nama, Ihsan Ash Shiddiqi


Nama memiliki arti penting bagi pemiliknya. Nama merupakan identitas pertama bagi manusia untuk saling mengenal dan berkomunikasi. Pada umumnya, nama merupakan sebuah do’a dan harapan dari orangtua untuk buah hati mereka. Terkadang juga, nama diberikan berdasarkan suatu momen tertentu, misal lahir di bulan puasa maka diberi nama Romadhon. Ada pula yang memberikan nama untuk anak mereka dengan menggabungkan nama mereka sendiri. Berbagai variasi lain dalam pemberian nama, sesuai dengan keberagaman tingkat kreativitas serta pengetahuan manusia.

 Lantas bagaimana dengan nama saya? Ihsan Ash Shiddiqi. Nama yang sangat bagus, meskipun terlalu umum digunakan dengan berbagai variasi hurufnya. Jika tidak percaya, silakan cek di situs-situs jejaring sosial. Nama pasaran. Entah harus senang ato sedih.


Tuh kan 



Malah lebih banyak 


Namun dengan banyaknya yang pakai nama Ihsan Ash Shiddiqi, memang berarti nama tersebut memiliki maksud dan do’a yang sangat baik. Nama ini diberikan oleh bapak. Ihsan berasal dari bahasa arab حسن   , يحسن yang artinya berbuat baik, yang memiliki bentuk masdar احسان yang memiliki arti kebaikan. Sedangkan  Ash Shiddiq, merupakan salah satu dari sifat Rasulullah Muhammad SAW sekaligus gelar yang diberikan oleh Rasulullah kepada Abu Bakar. Ash Shiddiq berarti benar. Benar baik dalam perkataan, perbuatan, serta sejalannya apa yang dikatakan dengan apa yang diperbuat. Lalu apa maksud i di belakangnya? Dalam bahasa Inggris i artinya saya, namun tentunya i yang ada di belakang Ash Shiddiq tidak ada hubungannya dengan itu. Anggap saja sebagai pemanis sebuah nama atau mungkin harokat kasroh yang muncul dari pengaruh tatanan kalimat dalam bahasa arab, saya kurang paham tentang itu.

Dengan demikian, Ihsan Ash Shiddiqi dapat diartikan sebagai manusia yang senantiasa baik dan berada dalam kebaikan serta mengatakan dan melakukan kebenaran. Luar biasa bukan? Luar biasa maksud dan do’a yang terkandung di dalamnya. Luar biasa pula tanggung jawab dalam menyandang nama tersebut. Tanggung jawab untuk mengimplementasikan do’a dari sebuah nama di dalam kehidupan serta dalam tingkah laku dan perbuatan sehari-hari. 

Menyangkut arti dari Ihsan, apakah selama ini Ihsan sudah menjadi baik? Menjadi anak yang baik, menjadi teman atau sahabat yang baik, menjadi pemimpin yang baik, menjadi hamba yang baik, menjadi komponen yang baik dalam lingkungannya, sudahkah? Penilaian yang baik merupakan penilaian yang obyektif yang datang dari orang lain, sehingga dalam hal ini orang-orang di sekitar Ihsan lah yang lebih tahu. Ihsan hanya bisa berdo’a, berikhtiar, dan mengevaluasi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik dan senantiasa meningkat kebaikannya. 


Sedangkan berkaitan dengan arti Ash Shiddiq, kebenaran atau kejujuran letaknya ada di hati. Bisa jadi apa yang dikatakan tidak sesuai dengan kenyataan. Bisa jadi apa yang diucapkan tidak sesuai dengan apa yang dirasakan. Mungkin saja apa yang diperbuat beda dengan apa yang dipikirkan. Orang lain bisa saja tertipu, tapi kita tak bisa menipu Allah yang Maha mengetahui. Semoga arti Ash Shiddiq bisa terimplementasikan dalam kehidupan saya sehari-hari meski dapat saya akui, kehidupan saya masih sering diliputi kepura-puraan.




Ihsan Ash Shiddiqi pas masih kecil, Lucu kan? Beda sama yang sekarang

No comments:

Post a Comment