Halaman Depan

Monday, February 24, 2014

Nostalgia Game SMP: Ahriman's Prophecy


Ahriman's Prophecy. Sebuah game dengan tampilan yang sangat sederhana (mungkin zaman sekarang bisa dikatakan sangat tidak menarik), namun memiliki sebuah kesan tersendiri. Game ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Talia. Sebuah ramalan yang menjadi tradisi di desanya membawanya ke perjalanan panjang melawan ahriman. Menurut saya, Ahriman Prophecy merupakan salah satu low spec game paling menarik di zamannya. 






Dapat dilihat, dari screenshot di atas betapa sederhana grafisnya
tapi kata mereka bahagia itu sederhana bukan?


Gameplay ahriman terbilang simpel. Pertarungan melawan musuh dilakukan dengan langsung memukul musuh (bukan turn based). Leveling dan cari uang nya tidak terlalu susah. Terdapat berbagai quest, baik main maupun side yang cukup bikin penasaran. Tidak ada peta panduan dari dalam game sehingga penjelajahan map jadi penuh misteri. Kotak harta, barrel, dan kuburan berisi berbagai macam item. Karakter-karakter yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Serta ditambah BGM yang cukup bagus, seluruhnya membentuk sebuah perpaduan sederhana yang cukup memikat. Yah, tapi jangan terlalu berestimasi terlalu tinggi. Bagaimanapun juga, game ini dibuat sudah bertahun-tahun yang lalu. Jangan dibandingkan dengan game-game high spec zaman sekarang.

Saat SMP kelas 3 tepatnya, saya bersama 3 orang teman bekerja sama untuk menamatkan game ini. Kami saling pamer progress serta berbagi solusi untuk quest-quest maupun musuh-musuh yang dianggap susah. Dan dari game ini pula saya jadi banyak-banyak buka kamus sehingga dapat berbagai kosakata baru serta meningkatkan motivasi belajar bahasa inggris yang saat itu sedang tinggi-tingginya.


Jika Anda ingin mencoba, silakan download di sini gratis. (Credits to Amaranth Games)

Ada juga sequelnya, Aveyond: Rhen's Quest. Sayangnya gak free di sini. Kalo mau cari yang free googling aja sendiri mungkin ada.

No comments:

Post a Comment