Halaman Depan

Tuesday, March 8, 2016

Tong Sampah



Mengapa kita masih saja membuang sampah sembarangan? Padahal kita sudah cukup dewasa untuk mengetahui bahwa buang sampah sembarangan dapat menyebabkan tersumbatnya drainase (yang dapat menyebabkan banjir), merusak pemandangan, sumber penyakit, dan hal-hal buruk lainnya. Hampir tidak ada hal baik dari buang sampah sembarangan.

Nah, beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan maen ke salah satu pantai di Manna. Orang-orang menyebutnya Pantai Pasar Bawah. Bagi kalian yang belum tahu, Manna adalah sebuah kota kecil di Provinsi Bengkulu.



Banyak batu nya  
Pantainya penuh batu, beda dengan pantai selatan jawa yang umumnya berupa pasir. Beda juga dengan 'pantai' Bekah di tempat kkn yang berupa tebing.






Kotor 

Nah ini inti artikel kali ini. Orang umumnya langsung membuang sampah di bibir pantai. Dan salah satunya karena:


Tempat seluas ini tapi susah menemukan tempat sampahnya 


Yap. Bukannya saya membela para pelaku buang sampah sembarangan, tapi mungkin beberapa dari mereka yang sudah berniat membuang sampah pada tempatnya, tapi urung karena tidak mau mencari tempat sampah yang mungkin jauh. Toleransi jarak orang Indonesia untuk jalan kaki masih relatif dekat. Jadi inget postingan ini.

Maka dari itu, saya mengajak kepada pemilik tempat-tempat umum dan  tempat wisata, mari sediakan tong sampah yang terjangkau untuk para pengunjung. Dan untuk para pengunjung, jagalah kebersihan! Kalo males nyari tempat sampah, disimpan dulu. Buang kalo sudah ketemu!




Setidaknya bisa lihat sunset dari sini

Mungkin akan lebih indah dan nyaman jika pantai nya lebih bersih.

Posted via Blogaway

2 comments:

  1. sempet dolan kok piye.. ro sopo ki? staff sik kae?

    ReplyDelete