Halaman Depan

Saturday, April 30, 2016

Perjalanan terjauh

Perjalanan terjauh dan terberat, adalah ke masjid
Banyak orang yang ...

Ah padahal sering terdengar rangkaian kalimat tersebut di radio saat di rumah. Tapi  namanya juga orang lupa. Mungkin versi lengkapnya seperti link berikut ini sih.

Nah, tulisan ini untuk introspeksi saya yang masih sering males-malesan berangkat ke masjid. Entah karena hujan, sibuk kerjaan, yang paling konyol nanggung lagi maen game/nonton film (yang padahal bisa di pause) atau alasan-alasan lainnya.


Kita mulai dengan analogi sederhana. Jika ada 2 pilihan pekerjaan. Pekerjaan a dengan gaji 50ribu per hari, lokasinya di depan rumah. Sementara pekerjaan b menawarkan gaji 200ribu per hari, lokasinya 200 meter dari rumah. Jenis pekerjaannya sama. Tentu sebagian besar dari kita akan memilih pekerjaan b meskipun lokasinya 200 meter dari rumah. Jangankan 200 meter, mungkin jika jaraknya 1 atau bahkan 5 kilometer pun masih sangat banyak yang akan lebih memilih pekerjaan b.
Nah, sekarang kita bandingkan dengan sholat jama'ah di masjid dengan sholat di rumah. Kebaikan yang didapat dari sholat di masjid tentu tidak sekedar 4 kali lipat seperti analogi di atas. Diambil dari berbagai sumber;

1. Tiap langkah menambah 1 pahala dan menghapus 1 dosa
2. Naungan di hari kiamat bagi pemuda yang hatinya tertambat di masjid/masjid-masjid
3. Sholat berjamaah di masjid pahalanya lebih tinggi 20 sekian derajat dibanding dengan sholat di rumah.
4. Akan senantiasa didoakan malaikat selama berada di tempat shalat
5. Pahala menunggu waktu sholat yang dihitung seperti sedang melaksanakan sholat
6. Mengembangkan sifat disiplin dan akhlaq mulia
7. Menumbuhkan rasa persaudaraan
8. Dll, masih banyak lagi manfaat lainnya
9. Dan yang paling penting, mengapa kita harus sholat di masjid? karena sebagian besar pendapat bahwa sholat fardu berjamaah di masjid adalah wajib.

Pernahkah kalian dengar hadits tentang orang buta yang tetap diperintahkan ke masjid ketika mendengar adzan? Atau hadits tentang ancaman Nabi akan membakar rumah laki-laki yang tidak  menghadiri sholat jama'ah di masjid? Sekiranya 2 hadits tersebut cukup jelas menekankan hukum sholat berjamaah di masjid.

Dengan kebaikan yang begitu banyak dan hadits yang begitu tegas, kenapa kita masih saja malas ke masjid? Yah, barangkali beberapa dari mereka ada yang belum tau. Maka dari itu, saya coba bantu untuk mengingatkan terutama untuk diri saya sendiri meski hanya lewat tulisan singkat ini. Semoga kita senantiasa dipermudah dalam melakukan kebaikan. Aamiin.

Sumber2 yang lebih lengkap:
https://muslimafiyah.com/10-alasan-kenapa-laki-laki-harus-shalat-berjamaah-di-masjid.html
http://www.duniaislam.org/03/02/2015/pahala-dan-keutamaan-shalat-berjamaah-di-masjid/
Dll
Posted via Blogaway

No comments:

Post a Comment