Halaman Depan

Sunday, June 12, 2016

KKN Mainstream


Awal juni. Sempat gak enak juga keyword search blog ini  beberapa kali tentang kormasit, tapi yang nongol malah postingan mengecewakan macam ini.
Mungkin memang barangkali bentar lagi bakalan musim kkn. banyak yang mulai nyusun rencana program, search-search tugas-tugas tiap-tiap posisi, cari dana, dan lain-lain. Nah, dalam postingan ini saya ingin share beberapa program KKN yang paling mainstream yang saya ketahui. 
  • Plangisasi (pembuatan Plang)
  • TOGA
  • TPA
  • Pembuatan tempat sampah
  • Dokter kecil
  • Lomba
  • DLL
Saking mainstream nya, mungkin sampai-sampai masyarakatnya lebih pintar daripada mas mbak KKN nya. Soalnya tiap tahun program nya mainstream itu-itu saja. #bercanda


Mungkin akan lebih baik jika para mahasiswa menyusun program yang lebih fresh sehingga masyarakat yang menjadi sasaran KKN antusias dan tidak bosan. Barangkali saja dalam 1 tahun mereka sudah dikunjungi mahasiswa KKN 2 3 kali, atau bahkan lebih.
Lalu program seperti apa yang kira-kira fresh? Jujur saja saya juga bingung jawabnya. Program KKN saya dulu gak beda jauh.
Tapi mainstream bukan berarti jelek sih. Jika memang program mainstream tersebut yang dibutuhkan oleh masyarakat, kenapa tidak? Daripada kita memaksakan program yang jarang ada, tapi ternyata penerapannya susah dan akhirnya gak guna kayak filtering.
Intinya, program apapun yang ingin disusun, pikirkan terlebih dahulu. Sesuaikan dengan kebutuhan sasaran kita, dana , alokasi waktu. Kalau bisa, program tersebut melibatkan peran aktif masyarakat sehingga program KKN akan berkelanjutan meskipun periode KKN telah selesai. Akan lebih bagus lagi jika tim KKN berkoordinasi dengan KKN periode sebelumnya, sehingga dapat diketahui program apa saja yang sudah dilaksanakan dan sudah berjalan sejauh mana, sehingga tidak perlu ulang dari nol lagi. Ini kayaknya sudah agak melebar dari judulnya.






2 comments: