Halaman Depan

Saturday, July 24, 2021

Burger Daging Qurban

Ngolah daging dari Idul Adha yang kayak gitu-gitu aja, rendang dan bakso (biar bisa disimpen lama). Akhirnya di Idul Adha 1442H kemarin semoet nyoba yang belum pernah dicoba tahun-tahun lalu. Kebetulan istri beli mesin gilingan buat bikin bakso kesukaan anak saya. Saatnya bikin burger.


Mumpung ada free trial cookpad premium 2 bulan, jadi ada kesempatan mengecek resep patty burher yang sudah teruji.
Copas resep patty burger dari cookpad oleh Yovi Yana.

-350 gr daging giling 
(saya pakai 370 gr an, dan setelah digiling tidak saya hilangkan lemaknya)



-1/2 bawang bombay sedang cincang kasar 
(saya hanya pakai 1/4)
-1 siung bawang putih cincang halus
(kelupaan)
-1 sdm minyak sayur
(gak pakai)
-1 butir telur kocok lepas
(ambil kuningnya saja, dan dikocok bareng nggiling daging)
-5 sdm tepung roti
(6 sdm)
-1/2 sdt lada bubuk
(saya tambahi juga lada hitam, dan asal tabur) 
-1/2 sdt kaldu bubuk royco sapi
(pakai yang ada, royco ayam dan asal tabur)
-1/2 sdt garam
(kalau 2 sdt keasinan seperti punya saya)
-Sejumput pala parut / bubuk
(gak pakai)
-1/4 sdt gula pasir
(2 sdt juga)
Saya tambahkan oregano secukupnya ke adonan patty
  • Semua bahan dicampur merata
  • Adonan patty dibentuk menjadi bola-bola, atau dibentuk bulat pipih jika punya cetakan
  • Patty yang ingin disimpan di freezer dibentuk pipih 
  • Panaskan teflon, gunakan api kecil
  • Panggang patty hingga matang. Untuk mengecek kematangan, patty bisa dibelah


  • Letakkan ke dalam roti burger yang sudah dihangatkan, biasanya saya panggang dengan margarin dan ditambahkan oregano agar lebih gurih
  • tambahkan saos dan isian sesuai selera
  • Siap disajikan dan disantap selagi hangat


No comments:

Post a Comment