Halaman Depan

Sunday, March 29, 2015

Nasi Goreng Kari


Gara-gara temen kos yang kebetulan namanya sama dengan saya (Ihsan, nah banyak banget yang punya nama ini. Ini berarti nama nya emang bagus), rasa penasaran saya terhadap nasi goreng kari pun muncul. "Di warung itu lho mas, nasi goreng kari nya, Wuuuhh.. Tapi agak mahal sih" Kira-kira begitulah. Padahal saya bukan penggemar nasi goreng. Tapi berhubung ada kata 'kari' nya, saya jadi sedikit tertarik.

Mungkin bagi Anda sekalian, kari sudah merupakan hal yang biasa. Tapi bagi saya, kari ini menu ambigu. Kari yang kadang disajikan di rumah beda dengan di anime jepang. Gak sepenuhnya sama dengan varian rasa mie instan tertentu. Dan beda dengan bumbu kari instan sachet'an yang dijual. Setelah saya search di Wikipedia, kayaknya kari memang punya arti yang sangat luas. 

Wikipedia: Kari adalah nama untuk berbagai jenis makanan yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai rasa tajam dan pedas.


saya: Jadi, kuah-kuah di warung padang bisa dikategorikan sebagai kari juga donk. Makin bingung.


Kalo yang di rumah mungkin mirip yang ini, kare jawa (sumber: mresep.blogspot.com)







Mie instant rasa Kare (sumber: burpple.com) 


Kari india (sumber: Renopedia.blogspot.com)
Kari jepang (sumber: j3proalma.wordpress.com) 
Sesampainya di warung yang dimaksud, saya lihat ke menu. Nasi goreng kari 13 ribu rupiah. tapi relatif lebih murah dibanding menu-menu lain nya sih. Tapi pas dipesen, kosong. Yo wes mungkin coba lagi lain kali, kali ini pesen yang lain dulu. Gak bisa ngecek sering-sering mengingat harganya lumayan mantep juga. Beberapa hari kemudian ke warung itu lagi, kosong lagi. Beberapa hari kemudian kosong juga. Hingga sekarang, saya belum 'berani' datang ke warung itu lagi. Inilah yang menjadi alasan saya mengganti judul blog ini menjadi "Nasi Goreng Kari Selalu Kosong" pada periode akhir maret 2015.

Akhirnya saya iseng bikin nasi goreng kari di rumah dengan menggunakan bumbu kari instan sachet'an. Hasilnya gak memuaskan. Memang saya gak pandai masak sih.

Sempet nyari-nyari resep nya sih. Barangkali ada yang mau nyoba. (thanks to vemale.com)

Nasi Goreng Kari (sumber: vemale.com) 
Bahan:

4 piring nasi putih

1/2 buah bawang bombay, cincang halus

150 gram daging ayam, potong kotak

100 gram kacang polong

2 sdm kecap ikan

1 sdt bumbu kari

1 sdt garam

1/2 sdt merica bubuk

1 batang daun bawang potong sekitar 1 cm


Cara membuat:

Tumis bawang bombay hingga harum.Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.Tambahkan nasi, kecap ikan, bumbu kari, garam dan merica bubuk. Aduk hingga rata.Aduk-aduk nasi hingga matang dan semua bagian rata terkena bumbu kari.Menjelang akan diangkat, masukkan irisan daun bawang, aduk rata.Angkat nasi goreng ayam bumbu kari, sajikan selagi hangat. 

Saya sebenarnya pengen coba bikin, tapi belum sempet. Terlebih lagi saat ngecek di supermarket bumbu kari bubuk harganya 28ribu. Belum lagi bahan lainnya.

Setelah menahan penasaran berpekan-pekan, akhirnya ketemu juga dengan nasi goreng kari. Tapi beda warung sih. Setidaknya harganya lebih murah dan rasanya lumayan juga bagi saya yang bukan penggemar nasi goreng. Hikmah yang bisa saya dapat adalah, ending dari sebuah kesabaran biasanya gak  akan mengecewakan.

2 comments:

  1. "Hikmah yang bisa saya dapat adalah, ending dari sebuah kesabaran biasanya gak akan mengecewakan."
    quote ne sangar tenan..
    lha saiki tagline e blog wis dadi donat polos tanpa taburan ki ngopo? wahahaha..
    ngomong-ngomong, awale tak kiro artikel review makanan di suatu warung.. jebul belum beruntung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gonta ganti judul ben gak bosen
      ki mumpung lagi sering tuku donat ng kantin'e mustek

      wah aku rung se pengalaman kwe dalam review2 kuliner/warung

      Delete