Halaman Depan

Saturday, May 31, 2014

Katalis Mesin Waktu (Edited)


Mungkin sekitar 2 bulan yang lalu, saya berencana bikin postingan tentang mesin waktu. Bukan mesin waktu yang keren seperti di film-film sih. Hanya tentang alat yang mungkin bisa membawa kita 'kembali' ke masa lalu.Bukan kembali sepenuhnya, sederhananya berbagai hal yang mengingatkan kita ke masa lalu. Tapi karena konsep nya masih acak dan bingung buat penyajiannya, niat diurungkan. Nah baru-baru ini di kaskus hot trit nya tentang mesin waktu yang ada di sekitar kita. Apa yang disampaikan gak jauh beda dengan apa yang ingin saya posting sih. Lebih lengkap malah . Yah mungkin ide saya dalam bikin postingan blog memang terlalu mainstream. Tapi jadi mainstream bukan hal buruk juga kan? 

Dalam trit tersebut, ada beberapa alat yang mungkin bisa jadi 'mesin waktu' untuk kita. Saya taruh di sini secara singkat saja lah. Selengkapnya, bisa baca di sini.

Foto
Film
Buku
Uang
Mainan dan Hiburan
Kaskus
Musik 

Saya gak yakin ini gambar mesin waktu 


Gak seru lah jika saya cuma promosiin trit orang. Saya mau nambahin menurut pendapat saya meski mungkin agak kurang relevan. Ralat (juni 2016): ini semua hanya katalis mesin waktu saja. 



Tulisan 

Kalo saya baca tulisan-tulisan saya saat ini, saya kadang teringat dengan tulisan-tulisan yang saya buat dulu. Cerpen yang dibikin semi plagiat pas SMP, tulisan galau pas SMA,tulisan tegak bersambung pas SD, dll. Lucu juga kalo diingat lagi.

Gambaran tangan 

Saya senang menggambar. Tapi semasa kuliah ini rasanya imajinasi dalam menggambar sangat terbatas. Seringkali perlu mencontoh dari apa yang saya lihat. Kalo diinget-inget pas jaman-jaman di sekolah dulu, gambar saya lebih bervariasi. Mulai dari menggambar coret-coret, komik gaje, hingga permainan macam ular tangga yang dimodifikasi maupun permainan macam open world games (pas belom kesampaian maen game semacam itu di PC). Menyenangkan meski agak memalukan juga jika diingat.




gambar pas kuliah: bagi yang gak tau, ini gambar kandang 

Pakaian 

Kadang teringat momen-momen saat di mana baju-baju lama masih muat dikenakan. Atau beda kasus, pakaian yang mungkin memiliki kesan tersendiri. Misal, jaket SMP yang saya kenakan di foto di bawah. Masih nyaman dipakai dan muat sampai sekarang (sedih juga). Pas ngliat jaket ini, jadi teringat momen-momen penting saat pakai jaket ini, misal studi tour SMP ato pas kemah SMA.





no comment (malu cuy)

Social Media

Tak perlu diragukan lagi. Di social media macem facebook atau twitter banyak 'mesin waktu' seperti foto, video, maupun postingan-postingan yang bisa mengingatkan kita ke masa lalu khususnya zaman-zaman jahiliyah saat masa alay melanda. 

Kapsul Waktu (?)

Nah, kalo yang ini sih diajari Bung Tondy, temen KKN. Barang-barang yang kira-kira berkesan (tapi yang sudah gak terpakai), dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ember plastik. Ember ditutup rapat, lalu dikubur di tempat yang bisa diingat. Saat anda gali dan buka kembali ember tersebut (kalo gak dimaling orang) 5 atau mungkin 10 tahun yang akan datang, entah apa yang terjadi saya juga belum mencoba. Pengen sih iseng-iseng coba-coba tapi tanah di lingkungan saya dah diperkeras semua. 




Ini Ember 
Dan lain-lain


Closing statement, nyolong dari trit tadi lah.



"We all have our time machines, don't we.
Those that take us back are memories... And those that carry us forward, are dreams" - Uber-Morlock

trans: 
Kita semua memiliki mesin waktu kita sendiri, ya kan.
Yang membawa kita kebelakang adalah Kenangan... dan yang membawa kita kedepan, adalah Impian"




No comments:

Post a Comment